Gelombang : 22
Hari /Tanggal : Jum'at, 19 November 2021
Narasumber : Agus Subardana, M. M.
Moderator : Ms. Phia
Bismillahirrahmanirrahiim
Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Subardana. Beliau adalah direktur bagian pemasaran buku, Miss Phia asal Sukabumi sebagai moderator Andal yang menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol.
Narasumber kita malam ini bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta selama 17 th. Dari sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran. Lulus S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen Pemasaran dan Sering menjadi Moderator berbagai event webinar.
Bapak Agus Subardana menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.
Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.
Dampak yang dialami sebagai pelaku usaha penerbitan buku saat pandemi Covid 19 terjadi :
- Jaringan toko buku banyak yang tutup (Maret 2020 mulai pandemic covid 19 dan PPKM Mei 2021 – agustus 2021)
- Pengunjung menurun dratis ke toko
- Penurunan omset toko buku
- Mengurangi jumlah buku yang terbit
- Penerbit gulung tikar
- Buku yang biasa dikirim ke Sekolah , PT, Instansi, Perpusnas kurang maksimal, karena kurang maksimalnya penawaran secara tatap muka
- Pelanggan/konsumen sekolah, PT, mengurangi pembelian buku karena anggaran diprioritaskan untuk penanganan covid
Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, selama pandemi Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku diubah melalui On Line, dan jaringan komunitaspun secara on line.
Jenis jenis katagori buku yang diterbitkan
- Buku anak
- Bisnis
- Pertanian
- Pengembangan diri
- Teknologi
- Perguruan Tinggai
- Perikanan dan Peternakan
Strategi pemasaran berkaitan dengan :
* Fakto mikro ; Perantara pemasok pesaing masyarakat
* Faktor makro : Demografi ekonomi, sosial, politik, hukum, sosial teknologi, fisik dan sosial budya
Strategi Pemasaran Buku
A. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )
Pentingnya tranformasi digital :
* Biaya sangat murah
* Jangkuannya sangat luas
* Target pasar mudah
* Sesuai katagori
* Komunikasi dengan konsumen mudah dan cepat
* Prodak cepat dipromosikan
* Sangat membantu peningkatan penjualan.
* Menggunakan Market place, web set.
Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat:
- Menyebarkan
informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
- Mendapatkan
konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan
konsumen terjaga.
- Menjaga
kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
- Menaikan
penjualan dan profit
- Membandingkan
dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
- Membentuk
citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
- Mengubah
tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ), persepsi
dan pendapat konsumen.
1. Tim Pemasaran
online lebih dari 10 tenaga pemasaran lewat market place, siplah
bilbi.com, telcom.com, toko ladang.com yang digunakan guru guru untuk
memesan buku
2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas
Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas akan lebih efektive dan efisien. Tingkat keberhasilan penjualannya lebih tinggi. Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita
3. webinar secara online juga turut serta mencerdaskan bangsa dan memasarkan buku.
B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).
1. Saluran distribusi toko buku dengan pemertaan toko buku
* Modern,
* Semi modern
* Tradisional,
Strategi Promosi di toko buku Modern :
* Menguasai
display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .
* Mengadakan
promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
* Mengadakan
Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode
tertentu.
* Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan, Program TAB, Program TAM , dll
Pemasaran Buku melalui Directselling ini
kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis
Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa
target pasar yaitu :
* Buku
Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD,
SMP, SMA, SMK).
* Buku
Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah
* Buku
Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum
Dengan pemetaan jenis katagori tersebut
diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran
dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .
Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita
beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :
- Kunjungan
langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro
umum dll.
- Kunjungan
langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi
untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap Dekan, ke LPPM dan sampai ke para
Rektor .
- Kunjungan
langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.
Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan
dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal
Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku
dapat meningkat.
Demikianlah pemaparan narasumber tentang cara pemasaran buku
Tanya Jawab
P1. susan Anggraini - Pangkal pinang
Bagaimanakah Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit ANDI ?
Jawab 1 :
* Tentukan jenis naskah apa yang ingin di tulis:
* Ikuti prosedur penulisan dan pengirimannya,
a. Mengetik naskah dengan rapi menggunakan font Times New Roman (atau sejenisnya) dan font 12
b. Panjang naskah tidak kurang lebih dari 150 halaman kertas A4.
Lampirkan
1. Sinopsis
Sinopsis tidak lebih dari dua halaman dan merangkum isi naskah secara keseluruhan.
2. Proposal
Proposal singkat ( kurang dari dua halaman ) yang menjelaskan alasan dari Penerbit ANDI untuk menerbitkan naskahmu.
3. Data Diri
Data diri dapat berupa latar belakang, kompetensi yang kamu miliki, maupun keterlibatanmu dalam suatu keanggotaan atau organisasi tertentu.
Inspirator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar