Jumat, 26 November 2021

Pemasaran Buku

 




Pertemuan ke       : 21

Gelombang          : 22

Hari /Tanggal       : Jum'at, 19 November 2021

Narasumber         : Agus Subardana, M. M.

Moderator            : Ms. Phia


Bismillahirrahmanirrahiim

Narasumber malam ini adalah Bapak Agus Subardana. Beliau adalah direktur bagian pemasaran buku,  Miss Phia asal Sukabumi sebagai moderator Andal yang menguasai beberapa bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jerman, dan Spanyol. 

Narasumber kita malam ini bekerja di Penerbit ANDI Yogyakarta selama 17 th. Dari sejak awal th 1999 s.d sekarang menggeluti di Bidang Pemasaran. Lulus S1 dan S2 mengambil Jurusan Manajemen Pemasaran dan Sering menjadi Moderator berbagai event webinar.  

Bapak Agus Subardana menyampaikan bahwa buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku. 

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dampak yang dialami sebagai pelaku usaha penerbitan buku saat pandemi Covid 19 terjadi :

  1. Jaringan toko buku banyak yang tutup  (Maret 2020 mulai pandemic covid 19 dan  PPKM Mei 2021 – agustus 2021)
  2. Pengunjung menurun dratis ke toko
  3. Penurunan omset toko buku
  4. Mengurangi jumlah buku yang terbit 
  5. Penerbit gulung tikar
  6. Buku yang biasa dikirim ke Sekolah , PT, Instansi, Perpusnas kurang maksimal, karena kurang maksimalnya penawaran secara tatap muka
  7. Pelanggan/konsumen sekolah, PT, mengurangi pembelian buku karena anggaran diprioritaskan untuk penanganan covid

Maka dari itu dalam rangka untuk mempertahankan Industri Penerbitan Buku, selama pandemi Covid 19 ini supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal maka perlu  strategi pemasaran. Srategi Pemasaran buku diubah melalui On Line, dan jaringan komunitaspun secara on line.

Jenis jenis katagori buku yang diterbitkan

  1. Buku anak
  2. Bisnis
  3. Pertanian 
  4. Pengembangan diri
  5. Teknologi
  6. Perguruan Tinggai 
  7. Perikanan dan Peternakan

Strategi pemasaran berkaitan dengan :

* Fakto mikro ; Perantara pemasok pesaing  masyarakat

* Faktor makro : Demografi ekonomi, sosial, politik, hukum, sosial  teknologi, fisik  dan sosial budya

Strategi Pemasaran Buku

A. Strategi Pemasaran buku serangan udara (On Line )

    Pentingnya tranformasi digital :

    * Biaya sangat murah

    * Jangkuannya sangat luas

    * Target pasar mudah

    * Sesuai katagori

    * Komunikasi dengan konsumen mudah dan cepat

    * Prodak cepat dipromosikan

    * Sangat membantu peningkatan penjualan.

    * Menggunakan Market place, web set. 


 Untuk penjualan buku lewat Online ini kita harus terus proaktive untuk terus promosi, supaya kita dapat:

-   Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial

-   Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah ada sehingga kesetiaan         konsumen terjaga.

-   Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu

-   Menaikan penjualan dan profit

-   Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing

-   Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan

-   Mengubah tingkah laku ( yang kurang minat beli , menjadikan tertarik beli ), persepsi dan pendapat       konsumen.

1. Tim Pemasaran online  lebih dari 10 tenaga pemasaran lewat market place, siplah bilbi.com, telcom.com, toko ladang.com yang digunakan guru guru untuk memesan buku

2. Pemasaran Buku Lewat Komunitas

Gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat   komunitas  akan lebih efektive dan efisien. Tingkat keberhasilan penjualannya lebih tinggi.    Kuncinya kita harus proaktive komunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga    integritas pribadi kita


3. webinar secara online juga turut serta mencerdaskan bangsa dan memasarkan buku.


B. Strategi pemasaran buku serangan Darat (OF LINE ).


Untuk menguasai seluruh wilayah nusantara ini dalam penetrasi pasar buku , kita harus melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Kami Penerbit Andi telah mempunyai 90 cabang di kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju, antara lain :

1. Target pasar

1.            Saluran distribusi toko buku dengan pemertaan toko buku 

          *  Modern,

          *  Semi modern

          *  Tradisional,

    Strategi Promosi di toko buku Modern :

    * Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol .

    * Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner

    * Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.

    * Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB,            Program TAM , dll 

 


 2.  Strategi Pemasaran dengan Directselling

     Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita            terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target           pasar yaitu :

     * Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP,         SMA, SMK).

     * Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kualiah

     * Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) .

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-  Kunjungan langsung ke tiap sekolah untuk temui kepala Sekolah, bagian kurikulum , Biro umum dll.

-  Kunjungan langsung ke setiap Kampus / Perguruan Tinggi  untuk temui Dosen, tiap Kaprodi, tiap           Dekan, ke LPPM dan sampai ke para Rektor .

-  Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dll.

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dll. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat.

Demikianlah pemaparan narasumber tentang cara pemasaran buku

Tanya Jawab

P1. susan Anggraini - Pangkal pinang

Bagaimanakah Persyaratan & Tata Cara Pengiriman Naskah ke Penerbit ANDI ?

Jawab 1 : 

* Tentukan jenis naskah apa yang ingin di tulis:

* Ikuti prosedur  penulisan dan pengirimannya, 

   a. Mengetik naskah dengan rapi menggunakan font Times New Roman (atau sejenisnya) dan font 12

   b. Panjang naskah tidak kurang lebih dari 150 halaman kertas A4.

Lampirkan 

1. Sinopsis

Sinopsis tidak lebih dari dua halaman dan merangkum isi naskah secara keseluruhan. 

2. Proposal

    Proposal singkat ( kurang dari dua halaman ) yang menjelaskan alasan dari Penerbit ANDI untuk menerbitkan naskahmu. 

3. Data Diri

    Data diri dapat berupa latar belakang, kompetensi yang kamu miliki, maupun keterlibatanmu dalam      suatu keanggotaan atau organisasi tertentu.


Inspirator

Buku adalah Gudangnya ilmu, Membaca adalah kuncinya, dengan membaca jendela dunia akan terbuka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar